SoundcloudYK, Pelopor Komunitas Bermusik di Era Digital

Yogyakarta – Soundcloud tidak hanya menjadi wadah untuk menyalurkan hobi bermusik saja, tetapi juga dapat membangun suatu hubungan sosial yaitu seperti komunitas soundcloud Yogyakarta atau lebih dikenal dengan soundcloudYK yang dibentuk pada Oktober 2013, soundcloudYK dibangun oleh empat orang pemuda di mana salah satunya bernama Mahesa ARK yang diawal komunitas ini dibentuk Ia menjadi ketua dari soundcloudYK.

SoundcloudYK merupakan pelopor komunitas khususnya dalam bidang musik, karena soundcloudYK adalah komunitas pertama yang menjadikan soundcloud sebagai wadah untuk para soundclouders, bisa menampilkan kemampuan dalam bermusik tidak hanya lewat aplikasi musik saja, tetapi juga bisa ditampilkan secara umum dan semua orang bisa menikmati lantunan musik dan suara merdu dari para soundclouders.

Hanya berawal dari percakapan ringan, akhirnya terbentuk komunitas soundcloudYK. Sekarang tidak sedikit komunitas soundcloud yang bermunculan, seperti misalnya Komunitas soundcloud Bandung, Jakarta, Purwokerto, Malang, dan Surabaya. Tidak sedikit juga kegiatan yang sudah dilakukan oleh soundcloudYK, tidak hanya sekedar bermusik saja tetapi juga ada event yang mengedukasi, yang mereka sebut #SCYKmeetup, selain berkumpul dan bermusik mereka juga membuat video kolaborasi.

“Bermusik di era digital seperti sekarang ini tidak mudah, tetapi dari aplikasi soundcloud yang sederhana lalu berujung pada komunitas soundcloudYK dampaknya sangat luar biasa, yaitu banyak tawaran mengisi event, beberapa tawaran dari Samsung sebagai buzzer dan masih banyak lagi sih,” Kata salah satu Founder SoundcloudYK, Mahesa ARK.

SoundcloudYK lebih dikenal sebagai komunitas soundcloud pertama yang aktif secara offline, walaupun ada platform yang menyediakan secara online yaitu berupa aplikasi soundcloud itu sendiri. Namun, soundcloudYK tetap dikenal sebagai komunitas yang aktif, adapun komunitas soundcloud Indonesia atau dikenal dengan sebutan SCID, komunitas tersebut tidak aktif secara offline melainkan online saja.

“Ikut komunitas ini ya untuk menambah teman, dan ada bakat juga di musik. Jadi kalau nyanyi atau main musik nggak cuma tatap muka sama layar handphone atau laptop saja, bisa nampil depan orang banyak, jadi bisanya nggak cuma di balik layar aja,” Kata salah satu anggota SoundcloudYK, Faizal Aditya Rachman.

Dunia digital telah banyak mengubah industri musik secara keseluruhan, Mulai dari aplikasi musik yang banyak bermunculan, hingga cara pendistribusian dan penjualan.

Munculnya komunitas soundcloudYK juga merupakan wujud baru dari sebuah kemajuan era digital, SoundcloudYK hadir untuk meramaikan industri musik, dengan kata lain memunculkan talent-talent baru, seperti penyanyi solo, duo,trio, dan band. “SoundcloudYK hadir sebagai wadah untuk menghasilkan regenerasi bagi industri musik terutama di Indonesia, karena di era sekarang ini, para musisi bisa menggunakan media sosial sebagai promotion tools dan digital store sebagai tempat untuk berjualan karya,” Pungkas Ketua komunitas SoundcloudYK saat ini, Bimo M. Ramadhani. (Rustia D. Putri)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: