Wartawan Harus Bisa Segalanya

YOGYAKARTA – Media spesialis Mona Kriesdinar menjadi pembicara pada workshop “Pengelolaan Konten Digital Pada Situs Berita” yang dilaksanakan di laboratorium Public Relation Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta, pada hari Kamis (10/11).

Dalam workshop tersebut, Mona Kriesdinar memberikan berbagai macam masukan dan motivasi kepada para mahasiswa yang turut hadir pada saat itu. 

“Wartawan itu harus bisa nulis, foto, sampe bikin video. Capitalitas itu harus ditingkatkan,” ujar Mona pada saat itu. 

Workshop berlangsung selama dua jam sejak pukul 13:00 WIB. Selama workshop berlangsung, Mona juga memberikan berbagai tips kepada para mahasiswa jurnalistik bagaimana karakteristik dalam penulisan berita pada situs berita online. Hal tersebut membuat beberapa mahasiswa jurnalistik aktif bertanya. 

“Ketika kalian mau nulis di portal berita online, jangan ambil tema terlalu berat. Asal inspiratif itu udah pasti dibaca. Memilih tema juga harus berdasarkan sasaran audience, serta konten – kontennya tidak terikat oleh waktu dan pokoknya bukan konten – konten yang berat,” ungkapnya.

Setelah memberikan berbagai macam tips kepada para mahasiswa, Mona turut mengungkapkan alasan mengapa Ia lebih memilih mengembangkan media online.

“Sebenernya sih karna saya sendiri juga mengikuti perkembangan zaman. Itu merupakan salah satu alasan saya juga kenapa saya mengambil sekolah di Singapura tentang media sosial,” pungkasnya saat ditemui usai menjadi pembicara pada workshop tersebut. 

          Mona juga menuturkan keprihatinannya terhadap media online seiring berkembangnya zaman, sering disalah gunakan untuk sesuatu yang negative. Hal tersebut juga memperkuat alasan Mona Kriesdinar memilih untuk lebih mengembangkan media online.

           Ditemui usai workshop, Nadya Yuliana, mahasiswi konsentrasi jurnalistik mengatakan manfaat yang didapatkan setelah turut hadir pada workshop yang berbicara tentang pengelolaan konten digital pada situs berita tersebut. 

            “Ini menurut aku pribadi menarik, soalnya udah pasti bisa aku praktekin di kehidupan kuliah aku. Selain itu juga aku pribadi jadi lebih tau bagaimana sebuah portal berita yang menarik, terus jadi tau celah – celah supata berita itu bisa dibaca banyak orang,” ungkapnya. (Febrielina Done)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: