Minuman Sehat Bermanfaat

Perekonomian suatu negara dapat di ukur dari berbagai macam sektor, salah satunya adalah ketenagakerjaan.  Ketenagakerjaan tidak pernah lepas dari seberapa luas lapangan pekerjaan yang ada dan tersedia. Saat ini di Indonesia, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Kurangnya lahan pekerjaan menyebabkan angka pengangguran semakin tinggi sehingga membuat sebagian besar orang memilih untuk membuka usaha sendiri.

Hal ini sejalan dengan yang dilakukan oleh Alvin Satria. Pria yang menetap di Bantul, Yogyakarta ini mendirikan sebuah usaha mikro yaitu minuman sehat yang berbahan baku lidah buaya atau aloe vera. Alvin mengatakan bahwa ide menggunakan lidah buaya sudah turun-temurun dari orang tuanya sejak tahun 2003, namun sempat berhenti ketika Yogya terguncang gempa. Setelah delapan tahun tidak memproduksi Ia memutuskan untuk melanjutkan usaha lagi  tetapi dengan konsep yang baru dan menarik.

Alvin ingin mengenalkan jika tanaman lidah buaya yang biasanya di jadikan hiasan rumah dan getahnya di pakai untuk merawat kulit kepala dapat diolah menjadi minuman yang enak, sehat juga bermnfaat. “Manfaat lidah buaya bagi kesehatan sendiri banyak ya, menjaga sistem imun tubuh, mengeluarkan racun dari tubuh, mencegah penuaan kulit, juga sebagai sumber vitamin dan mineral” tutur pria 26 tahun ini.

Dalam mengelolah minuman ini, Alvin sedikit membuka resep. Mulai dari mengupas kulit lidah buaya dan mengambil dagingnya, kemudian di cuci dan ada proses sendiri untuk menghilangkan rasa pahit serta tidak melalui pemanasan, hal itu dilakukan karena proses pemanasan dapat menghilangkan manfaat dari lidah buaya itu sendiri.

Usaha minuman lidah buaya yang dinamai de’castle ini cukup berbeda, karena Alvin mendesain sendiri semua pernak-pernik usahanya. Mulai dari stiker, brosur dan lain sebagainya. Ia memanfaatkan ilmu yang di dapat saat mempelajari desain di perguruan tinggi.

 “Saya baru pertama kali minum lidah buaya ini, saya kira rasanya bakal pahit ternyata enggak enak sekali jadinya kayak nata de coco” ungkap salah satu pembeli minuman de’castle. Minuman yang dijual dengan harga enam ribu rupiah perbuah ini, menurut Alvin sudah menutupi modal yang di keluarkan. Selain itu, Ia juga berharap agar pemerintah lebih memikirkan pendagang dan para pengusaha kelas mikro. Widya Iga K 153140072 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: