Hidup Harus Nyala

Hidup itu nyala, bukan nyala yang berbinar-binar. Tetapi nyala yang menerangi sekitarnya. Memiliki makna hidup, hendaknya bermanfaat untuk orang lain. Ungkapan inilah yang sejalan dengan apa yang dilakukan oleh Sarwidi. Pria yang berumur 42 tahun ini tinggal disebuah warung dipinggir pantai Parangtritis Yogyakarta. 

Sehari-hari Sarwidi bekerja sebagai nelayan. Namun dibalik sosoknya yang sederhana, siapa sangka ia melakukan hal mulia. ya Sarwidi mendirikan sebuah konservasi penyu di pantai pelangi Parangtritis Yogyakarta. 

Niat sarwidi untuk mendirikan konservasi muncul atas rasa bersalah karena orang tuanya telah mengkonsumsi daging dan telur penyu. “Awalnya saya mencoba menetaskan telur penyu pakai alat yang sederhana, gak saya duga ternyata menetas” ungkap pria berambut gondrong ini.

Sarwidi mendirikan konservasi penyu pantai pelangi dari tahun 2010. Pada awalnya masyarakat sekitar menolak karena mereka sudah terbiasa mencari telur penyu untuk dijual kepasar. Namun, lambat laun Sarwidi memberikan penyuluhan dan pendekatan untuk mengajak masyarakat dalam melestarikan penyu. Bahkan Sarwidi tidak segan mengeluarkan pundi rupiah untuk mengganti telur penyu yang akan dijual. Kedepannya ia berharap agar anak cucu kita nanti masih dapat melihat salah satu hewan langka ini.

“saya sangat setuju dengan didirikannya konservasi ini, agar dapat membantu keberlangsungan hidup penyu” ungkap salah satu penduduk sekitar konservasi. Ia juga berharap konservasi ini di dukung oleh pemerintah dan diberikan fasilitas-fasilitas untuk pengelolaannya. Widya Iga 153140072

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: