Menyerukan Aspirasi dengan Demokrasi

FullSizeRender 2.jpg

Mahasiswa Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi  di fakultas pertanian UPN Veteran Yogyakarta pada Senin (16/12). Demonstrasi ini diikuti oleh para mahasiswa dari semua jurusan yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kampus UPN Veteran Yogyakarta.

Aliansi Mahasiswa ini menuntut beberapa hal, yaitu wujudkan demokratisasi kampus, realisasikan laporan program kerja tahunan & anggaran universitas, wujudkan transparansi biaya kuliah tunggal (BKT) dan uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa 2015, tingkatkan mutu pelayanan pendidikan baik dalam segi akademik dan non akademik serta kesejahteraan pegawai UPN Veteran Yogyakarta, segera revisi pokok-pokok kemahasiswaan yang sesuai dengan kesepakatan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.

Slamet Kastoro selaku Presiden Mahasiswa (Presma) UPN Veteran Yogyakarta menjelaskan bahwa ruang demokrasi yang seharusnya diberikan kepada lembaga pendidikan untuk menunjang demokrasi dalam negara sekarang ini telah dibatasi. Mahasiswa kurang diberi ruang untuk demokrasi dalam menentukan kebijakan bagi mahasiswanya sendiri.

Kastoro juga menambahkan terkait masalah tranparansi biaya kuliah oleh birokrasi. “Seharusnya ada kejelasan mengenai biaya kuliah karena dengan biaya kuliah yang cukup besar dengan fasilitas yang kita lihat itu tidak seimbang,” ujarnya. Ia melanjutkan, Dalam hal seperti itu pihak birokrasi tidak melibatkan mahasiswa, sedangkan mahasiswa juga berhak tahu akan hal tersebut.

Selain itu, Arkhanudin Nurrohman selaku Sekretaris Jenderal (Sekjend) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UPN Veteran Yogyakarta mengatakan “Banyak mahasiswa yang mengeluh UKT ada yang tinggi, itu pun seharusnya dia masuk golongan rendah karena pendapatan orang tuanya kecil, dan aksi ini merupakan tindakan nyata dari mahasiswa ” ujar Arkha. Arkha juga menjelaskan mengenai aksi yang bersifat demokratis, dan adanya kesepakatan dari pihak mahasiswa dan pihak birokrasi. Rustia Dania Putri – 153140167

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: