Menikmati Pentas Seni Jathilan di Minggu Pagi

 

 

IMG_6161.JPG

Yogyakarta – Para seniman menggelar pentas seni Jathilan di lapangan denggung Sleman, di Minggu pagi. Mereka akan menghibur wisatawan dan masyarakat dengan aktraksi Jathilan pada Minggu (25/12) pagi.

Banyak masyarakat yang mengunjungi lapangan denggung saat itu, menonton aksi dari pentas seni jathilan. Dari anak kecil sampai pengunjung dewasa. Sambil menikmati jajanan yang dijual, masyarakat juga bisa menonton aksi jathilan tersebut. “Aksi Jathilan ini berlangsung selama beberapa jam. Ini akan bisa menarik perhatian masyarakat dan menghibur pengunjung denggung,” kata Abil salah satu penjual di lapangan denggung, Minggu (25/12).

Ratusan seniman Jathil tersebut berasal dari 17 kelompok seni jathilan. Masing-masing kelompok memiliki anggota 35 seniman muda. Mereka berasal dari setiap kecamatan di Sleman. Setiap jamnya nanti akan tampil satu grup.

Pentas Jathil ini , kata Abil, sebagai ajang eksebisi, ekspresi, dan apresiasi bagi seni rakyat yang menjamur di Sleman. Saat ini, tercatat 350 kelompok seni Jathilan di Sleman. Meski berkembang pesat, masing-masing kelompok memiliki ciri khas sendiri. Mereka menyisipkan kreativitas di masing-masing gerakannya. “Pentas Jathilan ini tetap akan menonjolkan sisi hiburan bagi masyarakat, dan dengan adanya pentas seni ini pengunjung jadi ramai dan pembeli pun juga semakin banyak” kata Abil.

Selain memeriahkan perayaan hari jadi Sleman, masyarakat berharap berbagai kegiatan itu bisa mendorong semakin terlestarikannya aspek seni dan budaya maupun kuliner Sleman. Serta, menumbuhkembangkannya dengan lebih luas. Rustia Dania Putri – 153140167

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: