Hasil Audiensi, Rektror Menyetujui Tuntutan Mahasiswa

              Yogyakarta – Mahasiswa UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Jumat (16/12) mengunjungi Rektor Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M. Sc , di Ruang Seminar Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilakukan guna mempertanyakan hasil dari tuntutan yang telah diajukan pada unjuk rasa, Senin (9/5) lalu.

Audiensi yang diikuti oleh perwakilan dari masing – masing fakultas yang ada di Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB. Salah satu tuntutan yang disuarakan kembali pada saat audiensi, mengenai transparansi biaya serta UKT (Uang Kuliah Tetap), dan tuntutan – tuntutan lainnya. 

“Kejahatan itu harus dibongkar, walaupun emang saya sendiri gak mengalami masalah UKT. Tapi, selain UKT juga banyak dana yang sebenernya gak jelas lari nya kemana, itu juga salah satu alasan kunjungan kali ini,” ujar Indhy, salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang turut serta pada kunjungan di Ruang Seminar Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’, Yogyakarta.

           Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M. Sc menyetujui tuntutan mahasiswa secara substansial. Tuntutan tersebut tertera pada surat tuntutan dan beberapa kesepakatan pada MOU (Memorandum Of Understanding) yang didalamnya sudah terdapat poin-poin tuntutan yang telah dijabarkan. Namun, Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M. Sc , mengatakan kesepakatan pada MOU tersebut akan dirubah dalam kesepakatan kerja. Terkait masalah mengenai UKT (Uang Kuliah Tetap), Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M. Sc mengakui adanya kesalahan pada penghitungan uang kuliah tetap pada angkatan 2015.

“Tuntutan mahasiswa telah disetujui, namun dikarenakan MOU sendiri hanya bisa dilakukan antar lembaga, maka akan dirubah dalam kesepakatan kerja,” ujar Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M. Sc , selaku Rektor Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta.

         “Dan untuk masalah UKT, memang terjadi kesalahan dan akan dievaluasi bersama,” ungkap , Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti K, M. Sc.

            Selain itu, Ia menambahkan bahwa pembuatan kesepakatan kerja akan melibatkan mahasiswa secara langsung. Mahasiswa dapat mengawasi agar kesepakatan kerja tersebut tidak melenceng dari tuntutan yang telah diajukan. Ia juga menyepakati dengan menandatangani perjanjian bersama mahasiswa yang akan diselesaikan pada tenggang waktu 7 hari setelah audiensi dilaksanakan. Perwakilan mahasiswa yang dilibatkan meliputi perwakilan BEM KM,  perwakilan Fakultas, perwakilan DPM, dan perwakilan UKM.

            Porkarius Mahi selaku ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) FISIP (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik) mengatakan bahwa akan terus berjuang agar Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta menjadi lebih baik.

          “Kami selaku keluarga mahasiswa UPN ‘Veteran’ Yogyakarta tidak akan lelah berjuang untuk kampus tercinta ini,” ujar pria yang kerap disapa Oris tersebut.

          “Kami akan terus berjuang hingga terwujudnya perombakan sistem yang cacat dan demokrasi yang nyata,” lanjutnya.(Febrielina Done-153140039)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: