Pundi-pundi Uang di Tong Setan.

Mencari sesuap nasi menjadi hal wajib bagi manusia untuk hidup. Roda perekonomian yang semakin keras pun memaksa manusia melakukan banyak hal untuk mencukupi kehidupan mereka. Hal itulah yang dilakukan Kipli, seorang rider tong maut yang sudah dari 2008 menjadi mata pencaharian nya.

Tong stand atau yang biasa orang-orang kenal dengan tong setan, agaknya tidak asing bagi rakyat indonesia. permainan yang selalu ada di parade pasar malam rakyat, menjadi hal menari bagi kaula muda hingga tua.
“Saat pertama masuk sekaten ini, yang paling dominan memang suara dari motor di tong setan ya. Anak saya juga pengen lihat jadi saya ajak kesini” Ujar Darmono yang terlihat datang bersama anak laki-lakinya.
Sebagai rider tong setan ini, Kipli pun dituntut untuk selalu berinovasi dalam setiap atraksinya. Hal ini dilakukan supaya mereka bisa menjaring banyak pengunjung.
Penghasilan merekapun tidak menentu, karena faktor lain seperti ramai nya pasar malam dan persaingan dagang. Tapi pundi-pundi rupiah juga bisa mereka jaring dari saweran-saweran saat pertunjukan berlangsung.
“Kalau lagi ramai ya pasti seneng karena banyak juga pemasukan. Ditambah juga kan ada saweran dari penonton bisa 5 ribu sampai ada yang 50 ribu juga pernah” Ujar Kipli saat diwawancarai seusai pertunjukan.
Saweran yang diberikan mereka ambil saat mengendarai motor di tong setan. Para pengunjung melambaikan uang dari pinggir tong dan nanti akan disambut oleh para rider yang melaju mengelilingi tong.
“Sebanding ya saweran yang kita kasih dengan pertunjukan nya. Jadi pengen ngasih terus soalnya seru” Kata Satya saat ditanyai soal saweran diarena tong setan.
Keuntungan banyak pun tetap harus mereka bagi-bagi kepada para pegawai yang lain. Keuntungan yang tidak menentu ini tetap Kipli syukuri sebagai sebuah anugerah yang ia dapat dari menantang maut setiap harinya.
“Ya mau gimana lagi, adanya juga pekerjaan seperti ini. Mau tidak mau ya harus saya hadapi” Kata Kipli dengan senyum getir dan keringat yang masihmengucur disela-sela pipinya. NADYA YULIANA 153140082.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: