KSM Hankam, Wadah Belajar Isu-Isu Pertahanan dan Keamanan

hankam

 

Menjadi mahasiswa merupakan suatu proses belajar pada tingkat akhir dengan kebebasan mutlak melakukan tanggung jawab dan memilih secara pribadi. Focus pada perkuliahan secara akademis atau focus kuliah dan menjadi bagian suatu orgnaisasi kampus menjadi pilihan setiap mahasiswa. Singkatan mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah pulang-kuliah pulang) dan “kura-kura” (kuliah rapat-kuliah rapat) menjadi istiah yang tidak asing di telinga mahasiswa.

Mahasiswa dapat mengembangkan diri mereka melalui organisasi-organisasi kampus pada skala fakultas dalam Kelompok Studi Mahasiswa (KSM). Terdapat berbagai KSM dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional  “Veteran” Yogyakarta. KSM-KSM ini mendukung mahasiswa mengembangkan diri dalam bidang yang dipelajari dalam kehidupan perkuliahan secara akademis.

Salah satu Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) yang terdapat dalam prodi Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional  “Veteran” Yogyakarta adalah KSM Hankam. Dalam KSM Hankam mahasiawa akan  mempelajari isu-isu pertahanan dan keamanan konvensional an non konvensional baik itu nasional maupun internasional. Hankam juga memiliki komunitas mahasiswa anggota Hankam yang disebut Defensia.

Untuk menunjang mahasiswa menguasai materi-materi tersebut diadakan kegiatan-kegiatan rutin secara tahunan, bulanan dan mingguan. Ratri Prabaningrum salah satu anggota KSM Hankam menjelaskan bahwa kegiatan bulanan meliputi diskusi bulanan, kunjungan ke instansi yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan, pelatihan jurnalistik, pelatihan resolusi dan simulasi konflik bagi anggota internal KSM Hankam.

“Untuk program tahunan KSM Hankam mengadakan seminar nasional dan pelatihan resolusi dan simulasi konflik yang bisa diikuti seluruh mahasiswa UPN maupun non UPN,” jelasnya.

Selain itu KSM yang telah berdiri sejak 2003 ini pun mengadakan bakti sosial dalam kegiatannya. Salah satu bakti sosial dilaksanakan di Panti Asuhan Nailunnajah (dimana).

“Setiap minggu kami melakukan diskusi mingguan dan bedah film juga,” lanjutnya.

Diskusi dan pelatihan jurnalistik secara tidak langsung meningkatkan softskill para anggota karena dapat melatih anggota berbicara dan melatih skill menulis. Dalam pelatihan resolusi konflik, para anggota dapat mengetahui penyebab serta cara menyelesaikan konflik dengan baik, kemudian setelah mengetahui apa sebab konflik dan cara penyelesaiannya.

“Kita bisa langsung praktek menjadi salah satu actor yang sedang dalam konflik dan mencoba menyelesaikan konflik tersebut dalam kegiatan simulasi resolusi konflik” ujar mahasiswi angkatan 2015 ini.

Banyak hal bermanfaat yang bisa dipelajari dan dilakukan dalam Kelompok Studi Mahasiswa yang saat ini memiliki 28 anggota pada periode ini.

“Keuntungan masuk hankam buat anak HI adalah dapat mengembangkan pengetahuan tentang isu-isu pertahanan dan keamanan konvensional dan non konvensional baik nasional mapun internasional,” lanjut Ratri.

Ratripun tidak sungkan membagikan pada suarasikap.com manfaat dalam mengikuti organisasi ini.

“ Yang pasti banyak teman, membangun koneksi dengan dosen juga. Kalau dari Hankam sendiri, wawasan mengenai isu-isu pertahanan keamanan pastinya bertambah ya” jelasnya.

Ratri berpendapat sebagai anak HI, yang notabene ‘dipandang’ tahu tentang dunia internasional sangat bermanfaat ketika mengikuti kegiatan Hankam.

“Karena dalam diskusi, kita tidak hanya membahas isu nasional, tetapi isu transnasional juga. Kita juga mendiskusikan cara penyelesaian masalah-masalah yang sedang dibahas, jadi dapat melatih daya fikir juga,” ujar mahasiswi yang sudah bergabung selama 1 tahun ini.

Lab Hankam lebih mengedepankan kepengembangan kemampuan para anggota. Lab hankam pun tidak menuntut harus bisa ini dan itu, yang paling penting adalah menuntut para anggota  mau berubah menjadi lebih baik.

“Kita semua belajar dan tidak ada ‘pilih-pilih’ antara junior maupun senior, ‘kalau bisa mengapa tidak?’. Intinya menjadi anggota hankam itu seru banget, kita bisa bermain sambil belajar pastinya” ujarnya menutup wawancara hari itu. (Maya Arina P/153140018)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: