Aksi 121 Bukan Wujud Integritas Mahasiswa

Aksi Bela Rakyat 121 dilakukan 19 titik di seluruh Indonesia yang memprotes kebijakan pemerintah Jokowi yang dinilai meresahkan rakyat, mulai dari penghapusan subsidi bbm hingga fluktuasi ekonomi pasar di awal tahun ini.Bahkan, meminta presiden yang diusung PDIP tersebut mundur.
Meski ramai diperbincangkan diseluruh media dan kalangan, Mahasiswa UPN Yogyakarta justru memberi tanggapan berbeda. Pihak Himpunan Mahasiswa Komunikasi berpendapat bahwa seharusnya kegiatan demikian tidak perlu terjadi. “Mahasiswa harus mampu menunjukan dedikasi merek sebagai mahasiswa yang terpelajar. Hal-hal seperti itu harusnya bisa diatasi dengan kepala dingin dan tak perlu turut dalam aksi demo” ujar Arkha selaku Sekertaris Jendral Himpunan.
Aksi demo sejatinya dapat mengubah suatu pola pikir atau perbuatan pada masyarakat atau pihak tertuju demo, jika tidak maka demonstrasi bukanlah jalan yang benar dalam penanganan suatu masalah.
“Banyak mahasiswa belajar tentang disiplin ilmu tertentu. Harusnya mereka bisa mencari solusi dari permasalahan yang menimpa negara, bukannya nuntut pemerintah macem-macem. Seakan para mahasiswa tersebut selama kuliah, gak belajar apa-apa” Ujar Romel Dymas seorang Mahasiswa Psikologi Universitas Gajah Mada.
Ia memandang secara psikologis yang dilakukan mahasiswa ialah wujud kecewa dengan aksi yang salah. Jika mereka tidak tergesa-gesa, aksi lain yang lebih efektif tentu dapat dijalankan. Bisa dengan menulis opini mereka dalam surat pembaca. Sehingga bukan hanya omong kosong tetapi juga bisa dilihat dan dipahami personel pemerintahan.

(Tifani Octavya – 153140066)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: