Ayam Geprek Asih, Ada Karena Keterbatasan Mahasiswa

asih
Tampak depan warung Ayam Geprek Bu Asih

Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang hidup di kost, makan sehari-hari merupakan salah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Namun, mahasiswa dan mahasiswi harus mampu menjaga pengeluaran agar kantong tidak jebol. Maka dari itu, banyak mahasiswa dan mahasiswi “lari” ke ayam geprek sebagai makanan sehari-hari.

Ya, ayam geprek. Makanan yang berupa ayam tepung kemudian ditumbuk di atas cobek-sehingga muncul nama ayam geprek, bersama cabe, bawang putih, sedikit micin, dan terasi ini menjadi makanan andalan para mahasiswa di Kota Pelajar, Yogyakarta. Salah satu adalah “Ayam Geprek Bu Asih”. Warung ayam geprek yang terletak di Jalan Dirgantara 3, Babarsari, Sleman, Yogyakarta dan Kantin Kampus 2 Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) ini seringkali ramai dikunjungi oleh Mahasiswa dari UAJY, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, dan juga mahasiswa dari universitas lain yang kebetulan melintas. Warung yang dikenal sebagai “Asih” ini memiliki menu makanan yang cukup beragam, seperti adanya gorengan, telur dadar, dan sayur, seperti oseng buncis. Firman, salah satu karyawan Asih, mengatakan bahwa mayoritas pelanggan berasal dari UAJY. “Mungkin karena adanya Warung Asih di kantin UAJY menyebabkan warung ini lebih dikenal mahasiswa UAJY.” tutur Firman salah satu pengunjung.

Kecil dan sederhana. Begitulah kata yang terlintas pertama kali saat melihat Warung Asih. Warung yang baru saja selesai di cat kuning dan merah ini terletak di posisi yang sangat strategis. Jalan Dirgantara 3 merupakan jalan yang mayoritas bangunannya digunakan sebagai kost, baik putra maupun putri. Asih juga berada tepat di sebelah Kampus 2 UAJY pada hari kerja dikelola oleh 4 karyawan.

Warung Ayam Geprek Asih biasanya cukup laris pada sekitar pukul 12.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Jam tersebut merupakan jam pulang kuliah bagi mahasiswa UPN dan UAJY dan juga bertepatan dengan waktu makan siang. Pada waktu tersebut, Asih penuh sesak sehingga untuk mendapat tempat duduk pun cukup sulit.

Kenapa Asih ayam gepreknya lebih laris dibanding warung sekitarnya? Heri, karyawan Asih, mengatakan bahwa karena adanya hal yang cukup berbeda dari warung geprek lainnya.

“ Pelanggan boleh memilih sendiri jumlah cabenya, dan tersedia kuah tongseng untuk mengiringi ayam geprek. Kuahnya gratis, kok.” ujar Heri, yang akrab disapa Peyang ini.

Suasana warung tersebut cukup cheery pada saat penulis berkunjung. Peyang dan Firman bercanda dengan pelanggan yang ingin membayar makanannya. Peyang dan Firman mengatakan bahwa harga ayam geprek standar adalah Rp  11.500, yang terdiri dari nasi putih, ayam geprek, dan es teh.

Karena berada di daerah sekitar kost-kostan, maka otomatis pelanggan Asih adalah penghuni indekost di daerah Dirgantara. Ada juga pelanggan yang bukan merupakan penghuni kost. Salah satunya adalah Rakha, mahasiswa UPN. Rakha menyukai Asih karena bebas mengambil jumlah cabe yang diinginkan. “Saya orangnya suka makanan yang pedas-pedas, jadi saya pilih Asih karena bisa mengambil cabe sesukanya” ujar Rakha yang tinggal di sekitar Ring Road Utara ini.

Bukti bahwa ayam geprek merupakan favorit mahasiswa adalah banyaknya warung ayam geprek yang menjamur di Jogja. Warung-warung ayam geprek ini biasanya berada di sekitar perguruan tinggi dan juga daerah indekost. Warung-warung ayam geprek lainnya yang cukup terkenal adalah Eskom, Chickenpedia, dan Bu Rum. Beberapa warung tersebut melakukan inovasi pada menunya. Chickenpedia, contohnya, ayam geprek dimasak lagi dengan memberi tambahan seperti kentang, jamur, kangkung, lada hitam, atau kuah teriyaki. Hasilnya adalah ayam geprek tersebut memiliki cita rasa yang unik. (Maya Arina Pramudita/153140018)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: