Cosplay, Hobi Mahal tapi Unik

cosu1
Salah satu Cosplayer Indonesia

 

Sering kita dengar sebuah istilah yang disebut Cosplay. Meski sering, namun banyak yang belum mengetahui apa itu Cosplay. Cosplay merupakan sebuah kegiatan yang meniru dan memerankan karakter dari Film, Anime, Game, dan Komik tertentu. Cosplay sendiri merupakan singkatan dari Costume yang melambangkan penggunaan kostum dan Play yang melambangkan permainan peran karakter yang ditiru.

Berbagai macam sumber mengatakan bahwa Cosplay merupakan sebuah kegiatan yang berasal dari negeri bunga Sakura, Jepang. Namun ada pula yang mengatakan bahwa awal mula Cosplay berasal dari Amerika yang kemudian diklaim oleh Jepang sebagai produk budayanya. Terlepas dari asal usul tersebut, Cosplay tetap menjadi kegiatan yang menarik di mata setiap orang terutama remaja. Tidak hanya di Indonesia saja budaya Cosplay menjadi tren, namun di seluruh penjuru dunia pun Cosplay tetap menjadi budaya yang digemari.

Beberapa orang mengatakan bahwa Cosplay merupakan budaya sekaligus hobi yang menghabiskan banyak uang. Hal itu didasari oleh perhitungan tentang pembuatan kostum yang rumit dan bahan-bahan yang sulit dicari serta dibentuk. Meski beberapa orang berpendapat demikian, hal itu tak mengganggu konsistensi Andi Suryawan (19 tahun) yang merupakan Cosplayer (Pelaku Cosplay). “Biar orang berkata bahwa Cosplay itu boros, saya tetap menyukainya dan tetap akan menekuninya selama mungkin. Hal ini sudah jadi passion saya, jadi saya tak masalah dengan itu. Kalau memang suka ya dilakoni saja. Masalah uang dan lain sebagainya kan bisa diusahakan. Ibarat orang yang suka dengan sepak bola, mau nggak ada sepatu pun  ya tetap dijalani karena suka” ucap Andi saat menghadiri event OKAERI di Vokasi UGM Yogyakarta.

cosu2
Cosplay berjenis tokusatsu

Selain sebagai seorang Cosplayer (Pelaku Cosplay), beberapa Cosplayer juga menjadi seorang Costume Maker (Pembuat Kostum). Andi juga termasuk sebagai Cosplayer yang juga merangkap sebagai Costume Maker. “Bagi saya sendiri, jadi Cosplayer itu sangat menyenangkan. Apalagi kalau bisa menirukan karakter dengan maksimal. Nah, kesenangan juga akan bertambah kalau saya sebagai Cosplayer juga bisa dan tahu mengenai proses pembuatan kostum. Saya dulu awalnya juga tidak bisa apa-apa, tapi saya cari teman yang bisa dan akhirnya belajar jadi Costume Maker. Hasilnya pun tidak sia-sia. Saya juga bisa menjadikan Costume Maker sebagai salah satu pemasukan saya untuk hidup maupun Cosplay” ungkap Andi. (Maya Arina Pramudita/153140018)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: