Emansipasi Make Up Artis

makeupMake Up Artis seringkali hanya menjadi pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Adrianto, pria asal kota Lombok mampu membuktikan bahwa perkerjaannya merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang menjanjikan. Dengan semangat yang tinggi Adrian terus berkarya melalui make up.

Merias Pekerjaan Utama

Ditengah hiruk pikuk acara Kick Andy di Gedung Auditorium UPN Veteran Yogyakarta, Adrianto berada dibelakang panggung selalu siap sedia membetulkan make up Andy F Noya dan para narasumber. Kini, lima tahun sudah Adrian begitu namanya kerap disapa menjalani pekerjaan sebagai make up artist di Metro TV. Adrian menjadi make up artis untuk program berita (news) dan juga program lainnya seperti Kick Andy dan Mata Najwa.

“Suka menjadi make up artist itu ketika artis atau host senang dengan hasil make up kita bisa masuk sesuai tema. Dari situ produser senang, tim senang, talent senang saya pun bahagia” ujarnya.

Suka dan duka sudah banyak dilalui. Wajah demi wajah satu persatu telah pernah dirias tangan trampil Adrian. Dari merias masyarakat umum dalam berbagai acara sampai Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Syahrini, Olla Ramlan, Prilly Latuconcina, Desy Natalia merupakan beberapa artis ibukota yang sudah pernah dirias Adrian .

“Duka menjadi make up artis ketika kita mendapat complain dari client kita. Karena dianggap tak memuaskan saya jadi merasa sedih disitu” lanjutnya.

Ketertarikan pria berusia 33 tahun ini dimulai sejak dirinya melihat penampilan artis-artis ibukota. Adrian bercita-cita ingin bisa merias artis-artis ibukota. Memiliki latar belakang pendidikan didunia pariwisata membuatnya memiliki jalan yang lebar memperdalam dunia kecantikan. Setelah menamatkan sekolah tingkat menengah atas, Adrian melanjutkan pendidikan kecantikan di kota Bali.

Dipandang Sebelah Mata

Menjadi Make up artis seringkali dianggap pekerjaan yang remeh. Banyak orang tua yang belum mempercayai anak mereka secara akademik mempelajari dunia kecantikan terutama make up. Terlebih bagi para pria, muncul pandangan negative apabila menjadi make up artis. Ditemui saat berada di backstage Kick Andy dalam Metro TV On Campus Yogyakarta, Adrian menanggapi pernyataan itu bahwa siapapun kita perempuan atau laki-laki ketika punya passion kita harus berani jadi diri sendiri mengejar mimpi, jangan terlalu memperdulikan kata-kata orang lain jika kita mau maju.
Menjadi make up artist membuat Adrian bisa keliling Indonesia, mengikuti berbagai tour dari program-program televisi dan mendapat kenalan-kenalan baru. Hampir seluruh menteri pada cabinet kerja Jokowi-JK pernah dirias Adrian.
“Pekerjaan make up artist professional jika dilakukan dengan sungguh-sungguh penghasilannya sangat menjanjikan, bisa cukup untuk menghidupi keluarga dengan baik” ujar Adrian.
Selain bekerja Metro TV, Adrian pun seringkali mendapat panggilan make up untuk pernikahan atau acara-acara lainnya.
“Harapan saya, ya semoga pekerjaan make up artis mampu diterima dan dipandang positif masyarakat. Ada emansipasi bagi para make up artis pria di Indonesia”

Kinerja Adrianto

Bekerja pada sebuah stasiun televisi menuntut seluruh kru mampu bekerjasama dengan baik. Setiap tugas merupakan bagian penting. Setiap kru harus melakukannya dengan baik, jika tidak pekerjaan itu akan mempengaruhi kelancaran pekerjaan yang lain.
“Kerja TV merupakan kerja tim. Kita gak boleh memandang remeh tugas orang lain” ujar Rosita Lusiana selaku Eksekutif Produser Metro TV.
Sudah mengenal Adrian sejak lama membuat Lusi memahami make up artis sering dipandang remeh padahal juga merupakan aspek penting dalam produksi sebuah program televise. Jika tidak ada make up artis maka penampilan host dan narasumber dilayar kaca tidak akan baik dan menarik.
“Kinerja Adrian sejauh ini bagus selama bekerja di Metro TV” lanjutnya. (Maya Arina P/153140018)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: