Gerakan 18-21 Komunikasi Efektif Keluarga

gerakan
Brosur Gerakan 1821

Melihat banyaknya fenomena masyarakat yang saat ini terlalu fokus pada dunia maya (internet) dibandingkan dengan dunia nyata. Oleh karena itu  muncullah gerakan 18-21 yang dikembangkan oleh Arif Junartana di Smartgama untuk memberikan motivasi. Gerakan ini tentunya memiliki tujuan tertentu didalam pelaksanaannya. Sementara pelopor dari gerakan ini sendiri belum diketahui.

“18-21 adalah waktu dimana kita harus menhentikan segala kegiatan kita dalam dunia maya dan harus fokus tertuju kepada dunia nyata khususnya keluarga, karena pada jam 18-21 merupakan waktu waktu yang memang dikhususkan untuk bersantai, makan malam berbincang bersama keluarga” ujar Arif saat ditemui di kantornya.

Menurut Arif hal seperti ini tentunya baik apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang terlalu sibuk dalam urusan dunia maya. “tujuan dari dibuatnya gerakan 18-21 agar masyarakat dapat lebih peduli dan peka dengan keadaan sekitar terutama dalam lingkup keluarga agar dapat terjalin omunikasi yang efektif secara nyata dilakukan bukan komunikasi dalam dunia maya seperti chatting,dll” tambah Arif.

“Awalnya memang butuh waktu untuk membiasakan hal ini, tentunya sangat sulit untuk melepaskan handphone dan internet namun perlu dibiasakan demi terciptanya komunikasi yang baik dan quality time dengan keluarga” lanjutnya.

Selain itu ia juga mengatakan harus mengurangi adanya “orang tua digital” dimana dalam artian ini adalah orang tua yang terlalu sibuk dengan urusan handphone dan internet tanpa memerdulikan keluarganya. “Walaupun di status facebook mungkin terlihat mesra namun bisa jadi kenyataan sebenarnya anak mereka dan keluarga mereka malah tidak saling memerdulikan satu sama lain secara langsung, cara yang diterpakan cukuplah mudah hanya dengan matikan handphone, matikan internet dan matikan TV selama pukul 18.00 hingga 21.00”  tandasnya. (Maya Arina P/153140018)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: