MEMAHAMI GAYA MUSIK MASA KINI

Sebuah ungkapan seorang editor CD Baby DIY Musician, Chris Robley terkait dengan banyaknya anggapan miring musisi tua atas perubahan selera musik generasi milenial. Kemarahan itu berdasar pada spekulasi yang menyebutkan bahwa generasi milenial tidak peduli lagi tentang album, karir sang musisi, ekonomi, hingga aspek interpersonal menjadi penggemar musik.

Benarkah demikian?

Menurut laporan Nielsen.com, bertambahnya populasi generasi milenial di Amerika yang naik sekitar 24 persen ternyata memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan industri musik. Generasi ini terdiri dari berbagai macam ras dan etnik seperti Afrika-Amerika, Asia-Amerika atau Hispanik.

Sementara menurut laporan “Listen Up: Music & the Multicultural Consumer,” generasi milenial juga lebih mungkin menghadiri konser dan festival musik, masing-masing dari mereka bahkan rela menghabiskan $ 50 untuk musik setiap tahunnya.

Tidak hanya aspek ekonomi, generasi milenial juga sering memberikan dukungan nyata terhadap musisi idolanya, hampir 48 persen dari mereka akan ‘menyukai’ postingan Facebook dari para musisi dan band dan 43 persen dari mereka juga akan membagi postingan melalui Facebook, Twitter, email dan media digital lainnya.

Sementara 37 persen akan memberikan komentar di Facebook, 37 persen akan membagikan playlist musik, 31 persen mere-post dan 26 persen me-retweet musik dan 53 persen dari popularitas milenial di bawah usia 35 tahun akan menggunakan media sosial dan teknologi untuk berhubungan dengan artis mereka.

Dalam survei yang dilakukan Ypulse.com terhadap 1.000 konsumen usia 13-32 tahun, hampir 76 persen mengatakan bahwa mereka mendengarkan musik beberapa kali sehari, 80 persen dari mereka mengatakan musik adalah bagian penting dalam hidup mereka, sementara 70 persen dari mereka mengatakan tidak bisa berhenti mendengarkan musik selama satu minggu.

Sebanyak 60 persen dari mereka juga dilaporkan mendengarkan musik setiap hari, 84 persen mengatakan mereka hanya mendengarkan salah satu genre yang spesifik, dan 82 persen dari mereka mengatakan tidak hanya mendengarkan satu genre.

Apa yang generasi milenial harapkan dari artis musik favorit mereka?

Chris Robley dalam tulisannya diymusician.cdbaby.com mengatakan, generasi milenial ingin menyaksikan kegiatan sehari-hari musisi favorit mereka, mereka ingin merasa terlibat dalam segala penciptaan, branding dan proses pembuatan karya, mereka memerlukan interaksi yang sering dalam media sosial serta tidak ingin berjarak dengan musisi favorit mereka.

Kebanyakan dari generasi milenial juga memandang beberapa musisi idola sebagai model yang dapat mewujudkan pengalaman pribadi mereka, terutama musisi yang mampu menyuarakan kegelisahan mereka. Dan 50 persen dari generasi milenial ini juga akan membeli merek/produk yang sama dengan yang musisi gunakan. Dastin Siagian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: