TEDUHNYA BISNIS PERSEWAAN PAYUNG

payung
Suasana persewaan payung di pantai Glagah

Persewaan payung untuk berteduh di objek wisata pantai bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan kini. Kondisi pantai yang biasanya panas membuat banyak orangmencari tempat berteduh, hal ini menciptakan pemikkran bagi orang sekitar untuk memulai bisnis baru yakni menyewakan payung berteduh.

Seperti di Pantai Glagah, Kulon Progo. Pantai yang akan dibangun dermaga kapal ikan dan memiliki laguna ini cukup diminati banyak wisatawan, terutama di hari  libur. Di situ dapat kita  jumpai jejeran payung warna-warni di pinggir yang dipadati pengunjung.

Sutiyem (50) salah seorang yang menyewakan payung berteduh, mengungkapkan bisnis ini lumayan menguntungkan.  Dengan modal payung dengan ukuran yang cukup besar serta karpet plastik sebagai alas, Sutiyem mengaku dapat mengantongi sekitar 800 ratus hingga 1 juta rupiah setiap harinya jika hari Minggu atau hari libur nasional..  “Hasil saya menyewakan payung jauh lebih banyak daripada saya jualan minuman, Kalau pas hari libur untungnya banyak, tapi kalau hari biasa kadang sepi ”ujar Sutiyem yang merupakan warga asli Glagah.

Memulai bisnis persewaan payung sejak dua tahun lalu, Sutiyem beserta teman sebisnisnya mendapat ide persewaan payung setelah melakuakn study banding ke Pantai Indrayanti, Gunung Kidul bersama kelompok pedagang Pantai Glagah. Dalam study banding mereka mendapatkan pengetahuan mengenai peluang bisnis di lokasi wisata. Salah satunya persewaan payung untuk berteduh yang lebih dahulu dimulai di Pantai Indrayanti.

“Persewaan payung ini karena dijalankan banyak orang, kami mengatur dengan sistem pergantian posisi depan, tengah, belakang agar adil dan semua dapat mendapatkan keuntungan yang rata”.  Tutup Sutiyem. (Maya Arina Pramudita/153140018)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: